Categories Daerah

Dialog Interaktif Bahas Polwan Siap Dukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju

Papua – Kepolisian Derah Papua kembali menggelar dialog interaktif ‘Polisi Menyapa’ yang kali ini membahas tentang Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju bertempat di Stasiun LPP RRI Jayapura, Kota Jayapura, Kamis (29/08/2024).

Hadir sebagai narasumber yakni Kasubbid Penyuluhan dan Penyusunan Hukum Bidkum Polda Papua, Kompol Jubelina Wally, S.H., M.H., dan Kapolsek Sentani Timur Polres Jayapura, Iptu Susana Tecuari.

Dalam kesempatannya, Iptu Susana menjelaskan bagaimana sejarah lahirnya Polisi wanita yaitu pada tanggal 1 September 1948 di Kota Bukit Tinggi yang mana pada waktu itu lahir 6 Polisi wanita yang melaksanakan Pendidikan awal Kepolisian di Kota tersebut.

“Polwan terbentuk bermula setelah beberapa istri anggota polisi membantu tugas kepolisian untuk melakukan pemeriksaan fisik kepada perempuan dan anak yang berhadapan dengan hukum. Lalu inisiatif pun muncul untuk melibatkan perempuan dalam aktivitas kepolisian secara aktif,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan adanya peran Polwan sebagai cooling system dalam Pemilu, dapat menghindari adanya perpecahan di tatanan masyarakat dan para Polwan dapat mengambil peran penting dalam mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan lancar.

Sementara itu, Kompol Jubelina mengatakan sepanjang ia menjabat memang banyak sekali yang meremehkan dengan adanya keberadaan Polwan dan Polwan sendiri ini menjadi kekuatan dalam menghadapi segala tantangan yang terjadi di masyarakat. Bahkan, senyum Polwan dapat menyelesaikan situasi sebelum permasalahan itu terjadi.

“Tugas Polwan itu sama dengan Kepolisian dimana kita sama sama mengamankan masyarakat dimana kita tau bersama bahwa tugas kepolisian ini adalah mengamankan masyarakat dan tidak membedakan mana polwan dan mana Polki,” pungkasnya.[hp/rd]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca lagi