Categories Polda

Tekan Angka Kecelakaan, Polda Papua Gelar Operasi Zebra Cartenz 2024

Papua – Kepolisian Daerah Papua menggelar Operasi Zebra Cartenz tahun 2024. Operasi kali ini disebut istimewa karena bertepatan dengan Pelantikan Presiden hingga Pilkada Serentak 2024.

Apel gelar pasukan digelar di Mapolda Papua lama, Kota Jayapura, Senin (14/10/2024). Apel dipimpin langsung Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K M.H yang dihadiri para pejabat utama dan instansi terkait lainnya.

Operasi Zebra Cartenz 2024 digelar selama 14 hari. Operasi digelar sejak 14-27 Oktober 2024.

Dalam kesempatannya, Wakapolda Papua mengatakan pelaksanaan Operasi Zebra Cartenz bukan hanya soal penegakan hukum di jalan raya, tetapi juga sebagai upaya untuk mendidik masyarakat agar lebih displin dalam berlalu lintas.

“Dengan adanya peningkatan kedisiplinan ini, diharapkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat menurun signifikan sehingga tercipta Kamseltibcarlantas yang lebih baik,” ucap Wakapolda.

Wakapolda menyampaikan dari data pelaksanaan Operasi Zebra Cartenz pada tahun 2022 dan 2023, adanya tren peningkatan pelanggaran lalu lintas meskipun di sisi lain Polda Papua bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Pada tahun 2022, jumlah pelanggaran yang kita tindak dengan tilang sebanyak 572 pelanggar, sedangkan pada tahun 2023 meningkat menjadi 2.114 pelanggar,” tuturnya.

“Di sisi lain, jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan dari 40 kasus pada tahun 2022 menjadi 21 kasus pada tahun 2023 dengan korban meninggal dunia berkurang dari 6 orang menjadi 3 orang,” imbuhnya.

Selama operasi, ia menekankan terkait beberapa hal yang diprioritaskan pada Operasi Zebra kali ini yakni peningkatan displin berlalu lintas, pencegahan kecelakaan lalu lintas dengan mengedukasi masyarakt untuk tertib berlalu lintas.

“Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan mengedepankan pendekatan yang humanis namun tetap tegas dan profesional,” pungkas Brigjen Pol. Ramadhani.[rd]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca lagi