Categories Polda

Wakapolda Papua Terima Audiensi dari Gerakan Nurani Bangsa

Papua – Wakil Kepala Kepolisian Daerah PapuaBrigjen Pol Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K., M.H menerima audiensi dari organisasi Gerakan Nurani Bangsa (GNB) yang berlangsung di ruang kerja Wakapolda Papua, Polda Papua lama, Kota Jayapura, Senin (14/10/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator GNB, Ibu Alissa Q. Wahid, Anggota GNB, Ibu Anita Wahid, Anggota GNB, Bapak Lukman Hakim Saifuddin dan para PJU Polda Papua.

Dalam diskusi yang hangat, Koordinator GNB menyampaikan tujuan Audiensi ini yaitu GNB ingin mengetahui masalah terkait penyelesaian Konflik di Papua dengan segala dinamika dan keberagamannya dari segi Kepolisian sehingga adanya masukan-masukan dari Polda Papua dapat dilaporkan kepada Presiden sebagai bahan pengambilan kebijakan.

“Misi kita saat ini yaitu ingin mendapatkan gambaran terkait emansipasi lapangan terhadap pergerakan GNB, dan ingin memberikan masukan kepada Presiden terpilih terkait permasalahan Papua,” ucap Ibu Aliisa.

Dikesempatan yang sama, annggota GNB menyampaikan bagaiman dengan persepsi masyarakat terhadap kehadiran Polri terutama jika nanti dibentuk Polda baru dan bagaimana tindak lanjutnya.

Sementara itu, Wakapolda mengatakan Pemerintah di daerah ini hampir sebagian besar representasinya adalah TNI-Polri, pemerintah daerah jarang ada yang di tempat, sehingga awal-awal pasti resistensi masyarakat sangat tinggi.

“Terkait adanya DOB, dari Polda Papua sudah menunjuk LO di masing-masing Provinsi, untuk kedepan sudah disiapkan segala kebutuhan untuk Pembentukan Polda baru, yang sudah siap salah satunya yaitu Polda Papua Tengah,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan terkait dengan akar masalah saat ini yakni sistem peradilan adat yang belum ada, bagaimana sistem tersebut bisa dibangun berdampingan dengan sistem penegakkan hukum.

“Masalah pemetaan hak ulayat, belum adanya kepastian hukum baik dari aturan tanah ulayat ataupun yang lainnya,” pungkasnya.[rd]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca lagi