Categories Polres

Frekuensi Patroli Dialogis Ditingkatkan, Polres Waropen Berkomitmen Jaga Keamanan

Papua – Unit Patroli Satuan Samapta Polres Waropen melaksanakan patroli dialogis di wilayah rawan kamtibmas di Distrik Waropen Bawah dan Distrik Urei Faisei pada Selasa (6/8/2024).

Patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi serta memastikan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang beraktivitas.

Kegiatan patroli tersebut melibatkan personel Unit Patroli Satuan Samapta yang dilengkapi dengan peralatan dan kendaraan dinas roda dua. Patroli ini menyasar area-area rawan kamtibmas seperti pasar, pelabuhan, kawasan pemukiman, kawasan fasilitas umum, pariwisata, dan wilayah lainnya.

Kapolres Waropen, AKBP Iip Syarif Hidayat, S.H., melalui Kasat Samapta, Ipda Otto Satia, S.E., menjelaskan bahwa kegiatan patroli ini merupakan wujud dari kegiatan kepolisian yang bersifat preemtif dan preventif serta berfokus pada pencegahan tindak kriminal dan menjaga ketertiban masyarakat.

“Kami juga melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mendengar langsung keluhan serta saran terkait keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal mereka,” ujar Ipda Otto Satia.

Selama pelaksanaan kegiatan patroli tersebut, personel Unit Patroli Satuan Samapta Polres Waropen juga menyambangi masyarakat yang ditemui untuk berdialog tentang kamtibmas, memberikan himbauan kamtibmas, dan himbauan Pilkada Damai di Tanah Papua, khususnya di Kabupaten Waropen.

Kasat Samapta, Ipda Otto Satia, S.E., juga menegaskan bahwa Polres Waropen akan terus meningkatkan frekuensi dan kualitas patroli dialogis ini.

“Kami berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan memberikan pelayanan kepolisian terbaik demi tercipta dan terjaganya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Kerjasama antara Polri dan masyarakat sangat penting dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Waropen ini,” tandasnya.

Warga setempat menyambut baik kegiatan patroli ini. Seorang pedagang di pasar setempat, Ibu Yanti, menyatakan rasa aman dan nyaman dengan kehadiran polisi.

“Kami merasa lebih tenang dengan adanya patroli rutin dari polisi. Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan untuk menjaga keamanan di wilayah kami,” katanya.

Dengan adanya patroli dialogis ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Waropen dapat merasakan kehadiran Polri secara langsung dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Patroli ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dalam menciptakan lingkungan yang aman dan damai.(hp/rd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca lagi